AWAL MULA PERHUBUNGAN KEKERABATAN ANTARA LUWU DAN GOWA
DI ABAD -16
Oleh: Syamsul Hilal Ramsah
Sesungguhnya Luwu pernah menjadi
Taklukan Gowa. Mungkin kalimat ini sebagian orang tidak bisa menerima,
tapi begitulah informasi tertulis yang didapat dari sumber Lontarak,
termasuk yang ditulis sendiri oleh pallontarak Luwu. Bahkan peniliti
sejarah seperti Cristian Pelras dan Leonard Andaya mengamini hal
tersebut, tentu hal ini berdasar pada sumber tertulis dari masing-masing
kerajaan di Sulawesi selatan. Peristiwa itu terjadi diperkirakan pada
abad -15 akhir (tahun 1400-an akhir). Leonard Andaya dan Cristian Pelras
menyebut bahwa sebelum abad- 15, yaitu sejak periode To Manurung
Simpurusiang di Luwu (diperkirakan diabad -13 atau tahun 1200-an),
terdapat dua kerajaan besar yang memiliki Supremasi di Sulsel yaitu
KeDatuan Luwu di pesisir Timur Sulsel sampai ke Sulawesi Tengah,
sulawesi tenggara dan Wadeng (gorontalo). Dan di pesisir barat Supremasi
itu dipegang oleh Kerajaan Siang yang berpusat di Pangkep sekarang.
Datu Luwu We Kambo dan Opu Patunru (Sumber: KILTV)
Seiring dengan dinamika sosial politik
di tanah Celebes, dan mungkin juga dipengaruhi oleh perkembangan dunia
luar, diakhir abad-15 menguat dua kerajaan yang kelak memegang supremasi
di tanah Celebes yaitu Kerajaan Gowa dan Bone. Menguatnya dua kerajaan
ini menorehkan dua orang nama Raja yang masyhur pada masa itu, di GOWA
Raja itu bernama KaraEng Tumaparisi Kallona dan di Bone bernama La Tenri
Sukki MappajungE (digelar MappajungE karena keberhasilannya merebut
Pajung Merah Raja Luwu di Cenrana yang bernama La Dewa Raja Datu Kelali
yang juga bergelar Batara Lattu).
Setelah La Dewa Raja Datu Kelali
ManingoE ri Bajo wafat, terdapat utusan KeDatuan Luwu ke Wajo yang pada
saat itu Arung Matoa Wajo dipegang oleh La Tadampare Puang ri
Maggalattung dalam keperluan ”Mabbarata” (Mabbarata biasanya dilakukan
dengan membawa bakul ke negeri bawahan untuk diisi sebagai ungkapan bela
sungkawa atas kematian Raja). Sebagaimana diketahui bahwa perjanjian di
Topaccedo antara Tosengereng Dewa Raja dengan Puang ri Maggalattung,
sebelum menyerang Sidenreng menaikkan status Wajo dari Anak Luwu menjadi
negeri yang setara dengan Luwu. Sehingga Puang ri Maggalattung menolak
dan marah atas sikap Luwu yang menginginkannya untuk Mabbarata, karena
Mabbarata itu hanyalah berlaku bagi negeri bawahan. Kemarahan Puang ri
Maggalattung ini dilampiaskan dengan menyerang Tana sitonraE ( Tempe,
Wage, Sengkang, Tampangeng) sehingga Tana SitonraE jatuh dan menjadi
milik wajo. Yang tidak sepakat bergabung dengan Wajo berangkat menuju ke
Luwu termasuk dalam hal ini adalah Arung WagE.
Kematian Dewa Raja menjadikan tahta Luwu
berganti ke putranya yang bernama Datu SANGGARIA yang juga bergelar
anumerta Petta MatinroE ri Bajo. Menurut lontarak A. Luwu Datu Sanggaria
berhasil kembali naik ke CENRANA yang sebelumnya sudah direbut oleh
Bone. Tapi tidak lama berselang Pasukan Gowa dibawah Pimpinan Raja Gowa
KaraEng Tumaparisi Kallona berhasil membumi hanguskan Cenrana sebagai
ibu kota Luwu dengan kekalahan Datu Sanggaria. Sejak saat itulah Luwu
berkewajiban membawa Upeti (Makkasiwiang) ke Gowa sampai di Era La
Patiware Dg Parambong MatinroE ri Ware’, sebagaimana tertulis dalam
lontarak luwu sebagai berikut.
===== Apongenna tuli kui ri Gowa LaO
makkasiwiang sibawa Ade’na Luwu iamaneng// Nasiagai ittana tuli kui ri
Gowa makkasiwiang Luwu namangingngina ade’na Luwu tuli lao makkasiwiang
ri Gowa// Jaji masseddini ade’na Luwu teani lao makkasiwiang ri Gowa//
Naturu’ tona PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’// Na iya maniro ade’na
Luwu riasengE Pallempa(ng) Marinding (Bajo) mattangangi gau’E makkeda
dE’ tu puang nawedding ripinra ripogau’ makkasiwiangE ri Gowa//
Nakkarana majeppunna de’ napunnai ja’ napunnaimi dEcEng// Nasaba iyaro
Taroni mabEla ri sompereng narEkko punnaimui dEcEng na dE’ mEmengsa ri
sompereng sangadinna dEcEngE// nakkarana Majeppunna narEkko ripinrai
laowE makkasiwiang ri Gowa nasaba’ anu mabbiasang makkullEi matu’
napusai natabangkangang karaEngE ri Gowa// NarEkko matu’ napusai
natabangkangangi aga napucapa’ sangadinna sussa// Jaji akkoroi PajungE
ri Luwu matinroE ri Ware’ ritimbangennaro pallempa(ng) marinding// Na
iya ade’na Luwu LaingE dE’ na Akkoro ku ro ritimbangenna Pallempa(ng)
Marinding// iya kiya iya mua naturusi PajungE ri Luwu timbangenna
Pallempa(ng) Marinding// Jaji mapeddini atinna ade’ laingE kulao
Pallempa Marinding// Gangkana engkana seddi ade’na Luwu racungi Ico
iyaro PallEmpa Marinding nacEddEna matE// Na Tanroni alEna PallEmpa
Marinding Makkeda “O Puang NarEkko walana Ajare’na Luwu uwitangi
napaterruka matE iya nassabari ri racukkuE”// NarEkko pajanengi
adEcEngengna mua Luwu uwitangi naupassuiro timbangengE olo napassu muni
Dewata SeuwaE mosona iyaE racungE icoE ri lalenna babuwaku// Na
pammasEna Dewata SeuwaE massuniro racungE polE ri babuwana gangkana
majapa// Aga naiya mua naturusi PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’//
Patettei abbiasana tuli laowEmua makkasiwiang ri Gowa sibawa ade’na
Luwu// Nagangkana matu ri munri engkana sEuwa wettu nalao makkasiwiang
ri Gowa PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’ nassuna ana’na KaraEngE ri
Gowa majjaga ri duppai jaga PajungE// Nakkutanana PajungE makkeda “Iga
iyaro?”// Naripoadana Makkeda “Ana’na KaraEngE”// Jaji ripappahangini
makkeda iyatu atorenna narEkko Bali Boccona BoccoE makkutanangi ana’na
bali boccona museti ripobainEi// Gangkana terepassani napobainEna ana’na
karaEngE// Aga rimunri ncajiani ana seddi orowanE situdangeni bawinEna
PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’// nakkalolo’na lao ri PallEmpa
Marinding nakkedana PajungE ri Luwu// Iyanaro nEnE’ tongetongemmu//
Iyanaro nassabari namuengka ri linoE// Jaji Tabbangkani bainena
PajungE// Nasengi iyaro puana’i PajungE// Gangkana bainEnaro PajungE
napoadangi KaraEngE ri Gowa// Jaji Naodunni KaraEngE ri adannaro dEnrE
PajungE ri Luwu// Gangkana ri papahangi KaraEngE bettuanna adannaro
PajungE// Nappani napahang KaraEngE// Iyanaro dEnrE laolaona ri rampE
riaseE nanassabari nabawinE PajungE ri Luwu ri Gowa// Jaji iyanaro
PallEmpa Marinding tau ripabbati ri boccoE makkedaE tau madEcEng na
mana’ lettu ri wijanna//=====
Artinya:
====Semenjak Dewan adat Luwu sering memberi upeti ke Gowa// setelah sekian lama Luwu memberi upeti ke Gowa membuat dewan adat Luwu sudah merasa bosan/gerah untuk pergi membawa upeti ke Gowa// Jadi bersepakatlah dewan adat untuk tidak lagi membawa upeti ke Gowa// Dan diikuti pula oleh PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’// Nanti setelah seorang adat Luwu yang menjabat sebagai PallEmpang (Maddika) Marinding (Bajo) memberikan pandangannya bahwa Janganlah Tuanku merubah kebiasaan membawa upeti ke Gowa// itu disebabkan karena bukanlah sesuatu yang buruk ,tapi itu memberi kebaikan// Karena itulah biarlah jauh kita bepergian asal demi kebaikan dan memang bukanlah kita bepergian kecuali untuk kebaikan// Apabila jika kita merubah untuk pergi membawa upeti ke Gowa yang sudah menjadi kebiasaan kemungkinan nanti KaraEngE ri Gowa mengira kita membangkang// Apabila nanti kita membangkang apa yang diperoleh kecuali keadaan susah// Jadi PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’ sepakat dengan saran dari PallEmpang Marinding// sedangkan Dewan adat Luwu yang lain tetap tidak sepakat dengan saran dari PallEmpang Marinding// Tapi yang diikuti oleh PajungE ri Luwu yaitu saran dari PallEmpang Marinding// Maka sakit hatilah dewan adat yang lain kepada PallEmpang Marinding// sampai- sampai ada seorang adat Luwu meracuni tembakau PallEmpang marinding hingga hampir mati// merintih sambil menjatuhkan badannya, PallEmpang Marinding berucap “ O.. Tuanku kalau apa yang kusarankan tidak baik untuk Luwu biarlah saya mati disebabkan oleh racun ini// Tapi kalau memang apa yang kusarankan ini untuk kebaikan Luwu maka akan dikeluarkan oleh Dewata Seuwa bisa racun tembakau ini dari dalam perutku// atas rahmat Dewata Seuwa keluarlah racun itu dari dalam perutnya sampai sehat// Maka itulah yang diikuti oleh PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’// mempertahankan kebiasaan untuk pergi ke Gowa bersama adatnya membawa Upeti// hingga pada suatu hari PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’ pergi membawa upeti ke Gowa, keluarlah putri KaraEngE ri Gowa MAJJAGA sebagai penyambutan untuk PajungE// Bertanyalah PajungE, Siapakah Dia?// Maka diberitahulah bahwa dia adalah Putri dari KaraEngE// Jadi diberikanlah pemahaman bahwa aturannya kalau Bali Boccona BoccoE mempertanyakan putri dari Bali Boccona mesti harus diperistri// Dengan terpaksa akhirnya memperistri putri dari KaraEngE// PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’ telah duduk bersanding dengan istrinya dan mengatakan bahwa yang dibelakangnyalah yang melahirkan seorang laki-laki// bergeraklah sang Putri ketika melihat duduk PallEmpang Marinding dan mendekat ke arah Pallempang Marinding dan berkatalah PajungE ri Luwu// beliaulah nenekmu yang sebenar benarnya// beliaulah yang menyebabkan engkau ada di dunia// maka bangkitlah istri PajungE//mengira bahwa itulah ayah PajungE// sehingga istri PajungE memberitahu KaraEngE ri Gowa// Jadi terngianglah KaraEngE pada perkataan PajungE ri Luwu tadi// sehingga diberikanlah pemahaman kepada KaraEngE maksud dari perkataan PajungE// Barulah KaraEngE memahaminya// Itulah tadi orang yang disebut-sebut di atas yang menyebabkan PajungE ri Luwu beristri di Gowa// Jadi beliaulah PallEmpang Marinding Tau ripabbati ri boccoE bahwa keturunannya kelak adalah keturunan orang yang baik//=====
====Semenjak Dewan adat Luwu sering memberi upeti ke Gowa// setelah sekian lama Luwu memberi upeti ke Gowa membuat dewan adat Luwu sudah merasa bosan/gerah untuk pergi membawa upeti ke Gowa// Jadi bersepakatlah dewan adat untuk tidak lagi membawa upeti ke Gowa// Dan diikuti pula oleh PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’// Nanti setelah seorang adat Luwu yang menjabat sebagai PallEmpang (Maddika) Marinding (Bajo) memberikan pandangannya bahwa Janganlah Tuanku merubah kebiasaan membawa upeti ke Gowa// itu disebabkan karena bukanlah sesuatu yang buruk ,tapi itu memberi kebaikan// Karena itulah biarlah jauh kita bepergian asal demi kebaikan dan memang bukanlah kita bepergian kecuali untuk kebaikan// Apabila jika kita merubah untuk pergi membawa upeti ke Gowa yang sudah menjadi kebiasaan kemungkinan nanti KaraEngE ri Gowa mengira kita membangkang// Apabila nanti kita membangkang apa yang diperoleh kecuali keadaan susah// Jadi PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’ sepakat dengan saran dari PallEmpang Marinding// sedangkan Dewan adat Luwu yang lain tetap tidak sepakat dengan saran dari PallEmpang Marinding// Tapi yang diikuti oleh PajungE ri Luwu yaitu saran dari PallEmpang Marinding// Maka sakit hatilah dewan adat yang lain kepada PallEmpang Marinding// sampai- sampai ada seorang adat Luwu meracuni tembakau PallEmpang marinding hingga hampir mati// merintih sambil menjatuhkan badannya, PallEmpang Marinding berucap “ O.. Tuanku kalau apa yang kusarankan tidak baik untuk Luwu biarlah saya mati disebabkan oleh racun ini// Tapi kalau memang apa yang kusarankan ini untuk kebaikan Luwu maka akan dikeluarkan oleh Dewata Seuwa bisa racun tembakau ini dari dalam perutku// atas rahmat Dewata Seuwa keluarlah racun itu dari dalam perutnya sampai sehat// Maka itulah yang diikuti oleh PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’// mempertahankan kebiasaan untuk pergi ke Gowa bersama adatnya membawa Upeti// hingga pada suatu hari PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’ pergi membawa upeti ke Gowa, keluarlah putri KaraEngE ri Gowa MAJJAGA sebagai penyambutan untuk PajungE// Bertanyalah PajungE, Siapakah Dia?// Maka diberitahulah bahwa dia adalah Putri dari KaraEngE// Jadi diberikanlah pemahaman bahwa aturannya kalau Bali Boccona BoccoE mempertanyakan putri dari Bali Boccona mesti harus diperistri// Dengan terpaksa akhirnya memperistri putri dari KaraEngE// PajungE ri Luwu matinroE ri Ware’ telah duduk bersanding dengan istrinya dan mengatakan bahwa yang dibelakangnyalah yang melahirkan seorang laki-laki// bergeraklah sang Putri ketika melihat duduk PallEmpang Marinding dan mendekat ke arah Pallempang Marinding dan berkatalah PajungE ri Luwu// beliaulah nenekmu yang sebenar benarnya// beliaulah yang menyebabkan engkau ada di dunia// maka bangkitlah istri PajungE//mengira bahwa itulah ayah PajungE// sehingga istri PajungE memberitahu KaraEngE ri Gowa// Jadi terngianglah KaraEngE pada perkataan PajungE ri Luwu tadi// sehingga diberikanlah pemahaman kepada KaraEngE maksud dari perkataan PajungE// Barulah KaraEngE memahaminya// Itulah tadi orang yang disebut-sebut di atas yang menyebabkan PajungE ri Luwu beristri di Gowa// Jadi beliaulah PallEmpang Marinding Tau ripabbati ri boccoE bahwa keturunannya kelak adalah keturunan orang yang baik//=====
Di posting digrup Facebook : Luwu Dalam Sejarah dan Budaya
26 Oktober 2015
26 Oktober 2015
0 komentar:
Posting Komentar
=================================
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content
=================================
Terima Kasih atas Kunjungan Anda.... ^_^